head head
3:41 pm - Tuesday September 2, 2014

Peduli Lingkungan

post

Peduli Lingkungan

Sebagai usaha meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya ekosistem mangrove, memberikan pengertian tentang sudah seharusnya kita peduli lingkungan hidup kita.

PEDULI LINGKUNGAN 2009

Ditetapkan dalam siding umum PBB tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm, Hari Lingkungan Hidup se-Dunia diperingati pada tanggal 5 juni. Hari Lingkungan Hidup se-Dunia merupakan instrument penting yang digunakan PBB untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan dan mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Sebagai milik seluruh masyarakat, hari peringatan ini memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet kita, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan serta gaya hidup yang ramah lingkungan.

Dengan tema yang disadur menjadi “Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim”, peringatan Hari Lingkungan Hidup di tingkat global dipusatkan di Mexico City. Meksiko terpilih menjadi tuan rumah sebagai penghargaan atas peranannya yang makin meningkat dalam memerangi perubahan iklim serta partisipasinya dalam pasar bahan baker. Negara ini memberikan komitme sebesar 25 persen dari seluruh pohon yang ditanam dalam rangka program Kampanye Sejuta Pohon dari UNEP.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada tahun ini juga ditandai dengan prakarsa ”Kesepakatan Baru Hijau” sebagai solusi terhadap merosotnya keuangan dunia serta pemanasan global dengan merangsang peningkatan investasi untuk sumber energi yang dapat diperbarui infrastruktur ekosistem serta proses produksi yang hemat energi. Kesepakatan ini diyakini tidak hanya akan menciptakan lapangan kerja baru serta menjalin proses pemulihan, namun sekaligus akan membantu pemecahan masalah pemanasan global. Investasi dalam paket stimulus ekonomi hijau baru yang subsansial akan dapat merubah krisis hari ini menjadi pertumbuhan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Dalam rangka turut memperingati peristiwa internasional ini di Indonesia, pada tanggal 5 Juni 2009 diterbitkan prangko ser Peduli Lingkungan. Desain prangko menampilkan karya pemenang Lomba Desain Prangko Nasional 2008 yang dibuat oleh Howard Julio T. (Jakarta), Ranggi Prthita (Yogyakarta), dan Edi Jatmiko (Yogyakarta).

Benih akan selalu tumbuh dan berkembang…… (by yayasan hijau gerakan peduli lingkungan.) Indonesia adalah negara dengan tingkat kehilangan hutan cukup tinggi, diperkirakan mencapai 1,871 hectare per tahun (2004-2005). Kawasan tangkapan air yang ada di Indonesia dipengaruhi dengan tingkat kehilangan hutan. Tingkat kehilangan air secara nasional adalah 32,18%. Ketersediaan air di Indonesia melingkupi 6% dari total stok air di dunia, sementara total stok air yang disumbangkan dari wilayah Asia Pasifik adalah 21% (KLH, 2003). Sementara isu langkanya air semakin meningkat di negeri ini. Menurut data Departemen Kehutanan, 39 Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia dalam keadaan kritis, dimana 42% berada di Jawa dan 25% di Sumatra. Lebih dari 70% penduduk Indonesia menggunakan air yang diambil dari sumber yang kemungkinan besar sudah tercemar.

Degradasi lingkungan hidup semakin meningkat tahun demi tahun, khususnya permasalahan sampah yang semakin butuh untuk segera ditingkatkan penanganannya. Dengan volume sampah yang terus bertambah dalam deret ukur, sementara masih terbentur dengan penanganannya yang masih belum memadai untuk dapat menjangkau semuanya. Partisipasi dari pihak masyarakat juga dituntut untuk lebih terlibat dalam prakteknya maupun inovasinya, salah satunya dengan mempopulerkan kegiatan recycle atau daur ulang dalam rangka pendidikan lingkungan.

Program pendidikan lingkungan hidup berupaya memberikan kepada sumber daya manusia dengan kemampuan (skills) untuk inovatif dan keberlanjutan dalam hal penggunaan sumber daya alamnya. Pengembangan dan peningkatan “leader-leader baru” sebagai kunci dari unsur kesuksesan dan keberlanjutan program. Metode kualitatif untuk mengetahui tingkat kebutuhan melalui pembicaraan informal dan grup diskusi memberikan informasi yang berharga untuk perbaikan dan perencanaan kegiatan kedepan. Melalui kegiatan ini merupakan sebagai pintu masuk dari program panjang tersebut.

Dengan mendaur ulang kertas sebanyak satu ton saja, kita dapat mengemat 17 batang pohon, 14.000 liter minyak bumi, 3 meter kubik lahan pembuangan, dan 26.000 liter air.

Dan kita memang harus:

Menghemat pohon, karena dengan bantuan 1 batang pohon saja, kita sudah terlindung dari 27 kilogram polutan yang mencemari udara setiap tahunnya

Menghemat bahan bakar, karena itu sama artinya dengan mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara yang dapat menyebabkan efek rumah kaca

Menghemat lahan pembuangan, karena tempat pembuangan akhir (TPA) juga masih menyisakan permasalahan-permasalahan tentang lahan dan pengolahan sampah.

Menghemat air, karena hanya tersedia sekitar 1-3% saja dari seluruh persediaan air di bumi ini, yang siap digunakan (sementara yang lainnya masih berupa air laut dan bongkahan es)

IFC: Peduli Lingkungan, Bisnis Juga Diuntungkan, Pelestarian lingkungan dan memberi manfaat kepada masyarakat luas, dapat menguntungkan bisnis swasta itu sendiri.

Direktur International Finance Corporation (IFC) untuk Asia Timur Pasifik Sergio Pimenta mencontohkan, salah satu perusahaan kacang kulit menerapkan pelatihan praktek pertanian yang baik kepada petani kacangnya. Hasilnya, produktivitas pertanian pun meningkat sebesar 30 persen.

“Petani dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dan juga keuntungan bagi perusahaan,” kata Sergio di kantor IFC, Selasa (05/06/2012)

Untuk aspek lingkungan alam, ia mencontohkan, pemberian kredit sebuah bank di China. Bank tersebut hanya memberikan kredit kepada industri yang melakukan efisiensi energi dan bebas polusi lingkungan.

Di China, selain memberikan saran, IFC bahkan mengambil alih beban beberapa resiko keuangan pihak bank, selama bank mau menjalankan program IFC. Lewat program IFC bernama China Utility-based Energy Finance (CHUEE) itu, beberapa bank bersedia membiayai proyek efisiensi energi dan terbarukan.

peduli lingkungan, menanam sejuta pohon,. satu miliar pohon di tanam selamatkan bumi kita. mari menanam pohon.

Mari menanam pohon  == >>  1 miliarpohon.com atau gala kan agri bisnis yang bisa menyelamatkan lingkungan hidup kita

peduli lingkungan Peduli Lingkungan

 

From Search Engine :

gambar peduli lingkungan hidup ,peduli lingkungan hidup
bottom
Filed in: 1miliarpohon.com

Comments are closed.

body
body